PENGENALAN PERANGKAT WELLHEAD DAN MANIFOLD DALAM DUNIA MINYAK DAN GAS



PENGENALAN PERANGKAT WELLHEAD DAN MANIFOLD DALAM DUNIA MINYAK DAN GAS

Source : https://upload.wikimedia.org

Keyword : Wellhead, Manifold, Minyak dan Gas, Offshore

Gambar 1. Ilustrasi Wellheads

Wellhead merupakan perangkat yang sering digunakan dalam dunia migas, Wellhead sendiri terletak tepat diatas sumur minyak atau gas yang langsung menjerumus ke bawah reservoir. Wellhead juga sering berperan sebagai perangkat sumur injeksi, biasanya digunakan untuk menginjeksi air atau gas kembali kedalam reservoir untuk menjaga tekanan dan level untuk mencapai produksi maksimal.
Disaat sumur gas alam atau minyak telah di bor, dan telah diuji untuk dijual secara komersil baik dari segi kuantitas dari gas alam untuk diekstrasi, sehingga sumur harus “complete” untuk mengijinkan laju aliran dari minyak atau gas alam untuk keluar dari formasi dan mencapai ke permukaan.
Proses ini termasuk juga memperkuat lubang sumur dengan menggunakan casing, evaluasi dari tekanan dan temperatur dari formasi, dan kemudian memasang beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjaga aliran dari gas alam dan minyak tetap efisien dari lubang sumur sehingga aliran sumur bisa dikontrol dengan choke.
Seperti yang diketahui bahwa adanya perbedaan antara perlengkapan wellhead baik pada lokasi onshore ataupun pada dek di struktur offshore, maupun pada perlengkapan dasar laut dibawah permukaan. Struktur wellhead sering juga disebut sebagai Christmas Tree.

MANIFOLDS / GATHERING

Gambar 2. Ilustrasi Manifold

Di onshore, laju aliran pada satu sumur dibawa langsung menuju ke fasilitas produksi utama melewati jaringan pengumpulan pipa dan sistem manifold. Tujuan dari perangkat ini adalah untuk mengijinkan produksi agar tetap “well sets” sehingga dapat memberikan level produksi yang stabil, dan kesetabilan dari reservoir.
Untuk sistem pengumpulan gas, umumnya untuk mengetahui meteran dari pengumpulan masing-masing jalur hingga menuju manifold sesuai dengan ilustrasi dibawah. Untuk sistem aliran multifase ( kombinasi dari gas, minyak dan air ), nilai tertinggi dari laju aliran multifase umumnya menggunakan software esimtasi laju aliran yang digunakan untuk mengkalkulasi aliran aktual dari tes data sumur yang ada.
Untuk di offshore, perangkat sumur kering pada pusat lapangan utama umumnya langsung ditujukan ke manifold produksi, ketika tower wellhead terlalu jauh ataupun instalasi dasar laut dapat digunakan pipa multifase untuk menuju ke riser produksi. Riser merupakan sistem yang digunakan untuk mengijinkan pipa untuk “naik” ke bagian atas struktur, disini berfungsi sebagai perpindahan dari produk minyak maupun gas untuk naik.

Daftar Pustaka dan Referensi

Devold, Harvard. 2013. Oil and Gas Production Handbook : An Introduction To Oil and Gas Production, Transport, Refining and Petrochemical Industry. ABB : USA

Comments

Popular posts from this blog

BEBERAPA MACAM METODE PENGELASAN BUTT

PENGENALAN MENGENAI JACKET STRUCTURE