PENGENALAN MENGENAI JACKET STRUCTURE



PENGENALAN MENGENAI JACKET STRUCTURE

sumber : www.tekla.com

Keyword : Fix, Offshore, Platform, Jacket
Salah satu jenis bangunan lepas pantai yang digunakan untuk proses baik pengeboran maupun eksploitasi adalah struktur jenis Jacket. Jacket atau template merupakan struktur yang hingga saat ini sering digunakan sebagai bangunan lepas pantai yang digunakan untuk pengeboran dan produksi. Beberapa struktur jacket memiliki kaki yang luas, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan daya apung sebelum instalasi ke lapangan. Struktur jaket terpancang ( fixed jacket structure ) terdiri atas member berbentuk silinder yang terkoneksi hingga membentuk bentuk frame tiga dimensi ( lihat gambar 1 ). Struktur ini umumnya memiliki empat hingga delapan kaki yang bertujuan untuk menjaga stabili tas menghadapi benturan gelombang.
Pondasi utama ( main pile ) yang merupakan suatu silinder, umumnya dibawa dengan jaket dan didorong masuk kedalam kaki jaket hingga menuju dasar laut. Istilah struktur jaket didapatkan dari konsep untuk menyediakan suatu penghalang ( jaket ) untuk menjaga well konduktor. Platform ini umumnya ditunjang dengan super struktur yang memiliki 2 hingga 3 dek dengan adanya perlengkapan pengeboran, produksi dan rig untuk pekerja. Penggunaan dari platform umumnya terbatas hingga kedalaman 500 – 600 kaki ( 150 – 180 m ) pada kondisi lingkungan Laut Utara ( North Sea ) dengan tipikal desain gelombang sekitar 100 kaki / 30 meter ) . pada kondisi sedang, seperti lingkungan dari teluk meksiko, maka tipikal gelombang yang terjadi sekitar 75 kaki / 23 meter dengan lebih dari sebagian jacket telah diinstal ke lokasi perairan dalam.
Salah satu contoh adalah sebuah jaket yang terdiri dari tiga bagian dengan berat sekitar 34300 ton telah dipasang pada tahun 1979 di Lapangan Cognac yang terletak di Teluk Meksiko dilepas pantai Louisana dengan kedalaman sekitar 1000 kaki atau 300 m. Rekor ini dipecahkan yang sebelumnya diambil oleh platform lain seperti Cerveza dan Cerveza Liguera ( 935 kaki / 285 meter ). Pompano ( 1290 ft / 393 meter ) dan rekor yang masih dipegang oleh Platform Bullwinkle.
Satu bagian dari jaket Bullwinkle memiliki berat sekitar 49375 ton dan telah diinstal di lapangan yang memiliki kedalaman sekitar 1350 kaki atau 412 meter pada tahun 1988. Untuk berat dek bullwinkle sendiri mencapai 2033 ton. Kemudian pada tahun 1996, ditambahkan kapasitasnya menjadi 4000 ton untuk meningkatkan produksi.

Gambar 1. Fulmar Jacket Platform





DAFTAR PUSTAKA dan REFERENSI

Chakrabarti ,Subrata K. 2005. Handbook of Offshore Engineering Volume 1 .Elsevier: USA

Comments

Popular posts from this blog

BEBERAPA MACAM METODE PENGELASAN BUTT

PENGENALAN PERANGKAT WELLHEAD DAN MANIFOLD DALAM DUNIA MINYAK DAN GAS