5 Destinasi Tempat Penerapan Teknik yang Menarik dan Patut Dikunjungi



5 Tempat Penerapan Teknik yang Patut Dikunjungi

Keywords : Engineering, Palm Island, Taj Mahal, Great Wall, Panama Canal, Hoover Dam
Jika kalian merupakan seorang engineer dan hobi traveling keliling dunia, maka kalian wajib mengunjungi beberapa tempat yang harus masuk daftar liburan kalian. Seperti yang reader tahu bahwa banyak sekali lokasi yang menerapkan ilmu teknik di seluruh dunia serta dokumentasi mengenai kelebihan lokasi tersebut. Disini akan dibahas lima tempat yang menerapkan ilmu teknik yang wajib kalian kunjungi.
Palm Islands, UAE
Gambar 1. Palm Island
Sumber : wikipedia
Palm island ( Pulau Palem ) terdiri atas tiga gugusan pulau buatan yang berada dilepas pantai Dubai UAE. Konstruksi dari ketiga pulau ini dimulai sejak tahun 2001 dan pada saat ini, yang sudah selesai dan berfungsi secara penuh adalah pulai Palm Jumeirah. Pulau ini menyerupai pohon palem dan diarea pulau terisi dengan berbagai macam hotel dan bangunan.
Konstruksi dari pembangunan Palm Island merupakan usaha pertama kali yang dilakukan oleh manusia dalam menciptakan pulau yang mempunyai bentuk artistik dan digunakan untuk keperluan residental. Efek dari pulau ini jauh dari apa yang diperkirakan , dan tidak beruntungnya ada beberapa efek buruk yang melingkupi ekosistem kehidupan disekitar pulau tersebut. Area yang melingkupi pulau-pulau tadi mengalami kenaikan dari segi erosi pantai dan pola gelombang yang aneh. Sedimen dari konstruksi umumnya terbuang percuma dan memberikan dampak negatif kepada kehidupan laut disekitar pulau dan juga mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk kedalam air. Palm islands merupakan tantangan yang menakjubkan dalam dunia teknik, akan tetapi kamu harus tetap menyimpan kedalam daftar tempat liburanmu jika kamu mempedulikan efek lingkungan yang terjadi disana.
Taj Mahal, India

Gambar 2. Taj Mahal
Sumber : SandeepaChetan’sTravelBlog
Taj Mahal merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern. Taj Mahal merupakan makam besar yang berbalut dengan batu marmer berwarna ivory-putih dan terletak di India tepatnya di kota Agra. Seluruh kompleks makam mempunyai luas sebesar 42 acres dengan istana putih terletak di bagian kanan dari pusat. Kompleks makam dari Taj Mahal sendiri memiliki masjid dan rumah tamu yang dikelilingi oleh taman.
Konstruksi dari Taj Mahal selesai pada tahun 1643 dengan menelan waktu yang cukup lama. Biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan Taj Mahal sendiri diperkirakan mencapai harga 52.8 miliar rupee atau dengan perhitungan modern mencapai 827 juta dolar. Lebih dari 20000 orang dipekerjakan untuk pembangunan dari Taj Mahal yang dipimpin langung oleh arsitek dan seniman. Salah satu elemen kunci dari proyek ini adalah mengijinkan secara bebas ekspresi dan aliran dari segala penjuru dunia dan mengundang semua seniman terbaik di seluruh dunia yang merupakan perintah dari sultan untuk mengerjakan proyek tersebut.
Konstruksi dari struktur batu raksasa membutuhkan sejenis jalur yang terbuat dari tanah dengan tujuan untuk membawa batu raksasa menuju ke makam hingga bermil-mil jauhnya. Pada tahun 1983, lokasi dari Taj Mahal sendiri mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai lokasi bersejarah dunia dan menunjukkan sebagai salah satu seni terbaik yang menggunakan gaya islami di dunia. Lebih dari 7 juta orang mengunjungi taj mahal tiap tahun.
The Great Wall of China
 
Gambar 3. Tembok Besar Cina
Sumber : turez.id
Tembok besar cina merupakan salah satu dari pencapaian ilmu teknik terbaik sepanjang waktu. Bata yang terbuat dari batu dan tembok raksasa ini dibuat sepanjang sejarah peradaban cina untuk melindungi kerajaan dari ancaman invasi serta penyerangan dari pasukan nomaden. Tembok besar cina terlihat seperti proyek engineering yang prestisius, tembok besar cina sebenarnya merupakan suatu pencapaian yang dibangun dari masa 600 tahun sebelum masehi hingga diselesaikan pada tahun 1644 setelah masehi. Beberapa bagian tembok china dibangun pada abad ke 7 SM dan tersambung satu sama lain sehingga disebuat sebagai Great Wall.
Selain tembok besar cina yang kita ketahui hanya sebagai penghalang untuk menjauhkan musuh, tembok cina juga digunakan sebagai kontrol perbatasan untuk meregulasi aliran dari ekspor dan impor menuju kerajaan. Pertahanan dari tembok besar cina juga dilengkapi dengan menara pengawas, barak, titik garnisun dan kemampuan untuk memberikan sinyal seperti asap dan api.
Panjang dari tembok cina dimulai dari Dandong, Cina menuju ke batas selatan dari Mongolia. Tembok Ming mempunyai panjang total 5500 mil, dengan komposisi bangunan berupa 3889 mil tembok, 223 mil merupakan parit dan 1387 mil merupakan batas alami. Panjang dari total tembok mencapai 13171 mil dari awal bangunan hingga akhir.
The Panama Canal, Panama

Gambar 4. Panama Canal
Sumber : https://upload.wikimedia.org

Kanal Panama merupakan jalan utama yang dilalui oleh kapal yang berasal dari laut Atlantik menuju ke laut Pasifik dan Vice Versa. Jalur air ini terdiri atas kanal buatan sepanjang 48 mil yang memotong banyak danau alami di daerah amerika selatan. Adanya sistem kunci mengijinkan kapal untuk mengalami kenaikan elevasi yang disediakan. Untuk sistem kunci sendiri mempunyai lebar 110 kaki akan tetapi pada bagian sistem kunci yang ketiga dikonstruksi pada dekade terakhir. Sistem kunci yang lebih besar ini memberikan kemampuan untuk kapal kargo yang lebih besar dan meningkatkan fungsi kanal untuk berbagai jenis kapal.
Konstruksi dari panama canal dimulai pada tahun 1881 oleh Perancis akan tetapi kemudian dihentikan dikarenakan banyaknya pekerja yang meninggal pada saat pembangunan kanal. Kemudian Amerika mengambil alih proyek ini pada awal tahun 1900 dan kemudian dibuka pada tahun 1914. Pada waktu itu bahkan hingga saat ini dengan menggunakan standar modern, proyek pembuatan kanal merupakan salah satu proyek rekayasa teknik yang paling sulit yang pernah diakukan oleh umat manusia. Dengan adanya jalan pintas ini, kanal bisa menjadi alternatif pelayaran cepat melewati benua tanpa harus memutrai Cape Horn di selatan dari Amerika Selatan.
Ketika kanal pertama kali dibangun, lebih dari 1000 kapal per tahun yang menggunakan sistem kunci. Pada masa modern ini, lebih dari 14000 kapal melewati kanal setiap tahun. Salah satu yang fakta yang paling mengejutkan adalah untuk satu kapal dibutuhkan waktu hanya 6 sampai 8 jam untuk melewati panama kanal tersebut.
Dam Hoover, AS

Gambar 5. Dam Hoover
Sumber : www.history.com

Dam Hoover, yang mungkin bukan merupakan dam terbesar di dunia akan tetapi bisa saja menjadi dam yang paling terkenal di dunia. Konstruksi dari dam Hoover menggunakan metode arch-gravity dam dengan jalur air dimulai dari sungai Colorado di Nevada dan Arizona. Pembangunan konstruksi dari dam sendiri dimulai pada tahun 1931 hingga 1936 dibawah perintah dari Presiden Roosevelt dan sebelum terjadi Great Depression. Lebih dari 100 orang meninggal pada saat konstruksi dari dam dan lebih dari 1000 orang pekerja dilibatkan dalam proses pembangunannya.
Idea untuk meletakkan dam di Hoover sebelum pembangunan di formulasikan dengan melihat kembali pada awal tahun 1900 an. Meletakkan dam di Hoover dapat memberikan keuntungan untuk mengontrol irigasi dan pembangkit tenaga listrik bertenaga air di area sekitar. Pada masanya, dam hoover merupakan struktur konkret terbesar yang pernah dibangun.
Hampir satu juta orang mengunjungi dam setiap tahun, alasan dari mengunjungi dam ini adalah untuk melihat hasil dari ilmu rekayasa karena bisa melihat berbagai terapan yang ada di sana.
Itu tadi lima lokasi yang mempunyai penerapan teknik yang menarik dan wajib dikunjungi oleh reader.

Referensi
English, Trevor. 2017. Top 5 Engineering Destinations to See Before You Die. Interesting Engineering.

Comments

Popular posts from this blog

PENGENALAN MENGENAI JACKET STRUCTURE

BEBERAPA MACAM METODE PENGELASAN BUTT

PENGENALAN PERANGKAT WELLHEAD DAN MANIFOLD DALAM DUNIA MINYAK DAN GAS